SEKILAS INFO
: - Rabu, 22-05-2024
  • Kami Menyambut baik terbitnya Website SMAN 1 MERAWANG, dengan harapan dipublikasinya website ini dapat meningkatkan layanan pendidikan kepada siswa, orangtua, dan masyarakat pada umumnya. Dengan fasilitas ini Siswa dapat mengakses berbagai informasi pembelajaran dan informasi akademik. Sebaliknya orangtua juga dapat mengakses informasi tentang kegiatan akademik dan non akademik putra – puterinya di sekolah ini.
Visi SMA Negeri 1 Merawang

“Taat Beribadah , Santun Berprilaku , cerdas berkarakter , sehat berwawasan lingkungan dan Unggul Berprestasi”.


Misi SMA Negeri 1 Merawang

  1. Menumbuhkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai modal dasar dalam belajar dan bekerja dengan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  2. Menumbuhkan kesadaran berprestasi pada seluruh komponen sekolah dengan prilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya sertaberupaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
  3. Mewujudkan pembelajaran dan bimbingan secara terencana, terarah, intensif, efektif dan efisien dengan menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan serta dapat melaksanakan tugas dan kewajiban pada diri sendiri, masyarakat,lingkungan (alam, sosial dan budaya) negara dan Tuhan YANG MAHA ESA.
  4. Menambah sarana dan jaringan teknologi dan komunikasi untuk kegiatan pembelajaran, administrasi sekolah dan komunikasi internal/eksternal dengan cara berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari apa yang telah dimiliki.
  5. Menumbuhkan kesadaran masyarakat sekolah untuk ikut serta secara aktif dan dinamis dalam peningkatan mutu pendidikan dengan sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas serta menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
  6. Mewujudkan budaya daerah di sekolah dalam rangka membangun wisata daerah dengan menunjukkan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan serta berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
  7. Menumbuhkan semangat berolahraga dalam rangka mencetak atlit yang handal dengan menunjukan sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat dan mengakui serta menghormati keberhasilan orang lain.
  8. Menambah sarana perpustakaan untuk kegiatan pembelajaran yang representative dengan menunjukkan kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
  9. Mengembangkan budaya literasi dengan membuat pojok literasi di setiap ruangan kelas sebagai sumber belajar.
  10. Menumbuhkan semangat cinta tanah air dengan cara berpikir, bersikap dan berbuatyang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya ekonomi dan politik bangsa.
  11. Mewujudkan warga sekolah yang cinta damai dengan menunjukkan sikap, perkataan dan tindakkan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
  12. 1Mewujudkan penyelenggaraan budaya sekolah yang bebas korupsi dan menyelenggarakan pendidikan anti korupsi.
  13. Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan lingkungan hidup secara integratif sebagai upaya pelestarian lingkungan, pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Tujuan SMA Negeri 1 Merawang

  1. Kualitas ketaqwaan dan keimanan seluruh komponen sekolah meningkat ditunjukkan dengan 90% warga sekolah melaksanakan sholat dzuhur secara berjamaah, dan terlaksananya kegiatan peringatan hari besar agama di sekolah.
  2. Kesadaran berprestasi seluruh komponen sekolah dengan perilaku yang sungguh-sungguh dalam mengatasi hambatan belajar sehingga diharapkan dapat mencapai perolehan medali dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN), dan ajang lomba lainnya minimal tingkat kabupaten.
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih terencanah terarah, intensif, efektif dan efisien sehingga bisa lulus 100% dengan rata-rata nilai US naik 10%, dan dihasilkan lulusan yang berkualitas, 55% siswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan 15% siswa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.
  4. Meningkatkan sarana dan jaringan teknologi dan komunikasi untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan administrasi sekolah dengan adanya jaringan wi-fi dan pengelolaan website sekolah yang berkelanjutan dan pembuatan media penilaian online sebagai sarana sumber belajar.
  5. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk ikut serta secara aktif dan dinamis dalam meningkatkan mutu dengan menjalin kerja sama (program partnership) dengan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), POLRES, POLSEK, Puskesmas, Dinas Kesehatan, MUI, dan Dinas Pendidikan.
  6. Meningkatkan kecintaan pada budaya daerah untuk membangun wisata daerah dengan membuka ekstrakurikuler seni tari dengan menjaga kelestarian lingkungan alam.
  7. Meningkatkan prestasi olahraga dan mencetak atlet-atlet handal untuk mewakili sekolah diajang olahraga KOSN dan POPDA dan memperoleh medali emas tingkat kabupaten, minimal 3 mata lomba.
  8. Meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa dalam menyerap ilmu pengetahuan yang bermanfaat dengan menambah jumlah koleksi buku minimal 100 judul dan digitalisasi perpustakaan.
  9. Mengembangkan budaya literasi dengan membuat pojok literasi di setiap ruangan kelas dan diarea tertentu di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
  10. Meningkatkan semangat cinta tanah air dengan cara berpikir, bersikap dan berbuat dengan mewajibkan kegiatan ekstrakurikuler pramuka bagi seluruh siswa, dan kegiatan ekstrakurikuler Paskibra.
  11. Mengoptimalkan fungsi website dan media social sekolah sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi warga sekolah dan masyarakat.
  12. Menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah dengan budaya bersih, hijau dan bebas narkoba.
  13. Memiliki sarana prasarana teknologi informasi dan komunikasai (TIK) yang memadai guna mendukung PBM minimal untuk 50% rombongan belajar.
  14. Terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional sekolah, baik para guru, pegawai dan siswa.
  15. Mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dengan program penanaman pohon dan kegiatan pengolahan sampah.